Jumat, 18 Maret 2011

KULINER DI JOGJA

Tidak lengkap jika berwisata/berkunjung di Jogja tanpa mencicipi kuliner - kuliner yang ada di Jogja. Salah satu makanan khas yang paling terkenal adalah Gudeg, sering disebut orang sebagai Gudeg Jogja. Kalau anda sejenak berkeliling jogja, maka akan menjumpai penjual Gudeg. Makanan khas Jogja yang terbuat dari bahan pokok nangka muda ini terasa manis, dan wajib bagi setiap orang yang berkunjung di jogja untuk mencicipinya. Gudeg biasanya disajikan dengan sayur daun singkong, ayam, telur, dan krecek pedas (dari bahan kulit sapi).

Saat malam mulai menjelang, banyak di pinggir - pinggir jalan akan kita jumpai berbagai warung makan, dan byasanya buka hanya saat malam menjelang sampai larut malam. Di antaranya warung lesehan dan angkringan. Warung lesehan biasanya menyediakan menu makanan berupa nasi goreng, ayam goreng/bakar, pecel lele, aneka sea food, dll. Harganya pun relatif murah dan bersahabat dengan kantong. Kususnya bagi para mahasiswa.  

Selain itu masih ada pilihan lain, yaitu angkringan. Warung ini berbentu gerobak yang ditutupi tenda. Makanan yang disajikan antara lain berupa nasi kucing, kepala ayam, macam - macam gorengan, ceker (kaki ayam), sate usus ayam, sate telur puyuh, dll. Dibandingkan dengan warung lesehan, angkringan relatif lebih murah. Banyak orang dari berbagai kalangan biasanya lebih suka nongkrong diwarung ini sambil menghabiskan malam. Paling tidak ditemani minuman panas (jahe susu, teh, kopi, dll) dan mereka saling ngobrol satu sama lain.

Makanan - makanan diatas hanyalah beberapa kuliner yang ada di jogja. Masih banyak kuliner yang bisa kita temui. 


"SELAMAT MENCICIPI"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar